Reviews

Review Game : Undertale, Game Indie Terbaik!

By BangMonyong on Nov 28, 2016

Review Game : Undertale, Game Indie Terbaik!

Ya, ya, kami tahu kalau kami “agak”telat untuk memainkan game ini… tapi yaaa ini dia review game Undertale dari kami.

Image title

Undertale merupakan sebuah game RPG yang memiliki fitur-fitur unik dimana combat dan gameplay yang cukup berbeda dengan game RPG lain. Grafis yang ada pada Undertale terbilang sederhana dengan perpaduan dari 8-bit graphic style yang mengingatkan kita pada game retro tahun 90-an. BGM atau soundtrack dan soundeffect yang ada pun juga sesuai dengan grafis dari Undertale. Mungkin style 8-bit yang digunakan oleh Undertale kurang menarik bagi sebagian orang, namun sangat sulit bagi kami untuk melupakan OST (Original Sound Track) dari Undertale. Karena perpaduan yang sempurna dari story, karakter, grafis, dan BGM dari Undertale menjadikan game ini fenomenal.

Image title

Biasanya pada game RPG kebanyakan, kalian hanya diberikan satu solusi untuk melewati segala macam rintangan yang dihadirkan oleh game tersebut, misalnya kalian hanya dapat membunuh monster yang menghalangi jalan kalian tanpa ampun sedikitpun. Lain halnya dengan Undertale, semua encounter dengan monster atau “musuh” yang yang kalian hadapi di game ini dapat kalian lewati tanpa perlu membunuh ataupun menyakiti monster tersebut. Kalian memang masih diberikan opsi untuk membunuh monster tersebut, namun kalian tidak terpaku pada satu solusi itu saja. Combat dari Undertale juga cukup unik yang dimana menggabungkan turn-based combat di RPG klasik pada umumnya dengan bullet-hell mechanic yang dapat kalian temui pada game-game seperti Raiden maupun Gradius. Sontak game ini dipenuhi dengan “butt clenching moment” ketika kalian berusaha menghindari semua serangan dari “musuh” yang kalian hadapi. Sedangkan untuk gameplay diluar combat sendiri, Undertale memiliki gameplay RPG klasik pada umumnya, seperti berbicara dengan semua npc yang kalian temui dan sesekali kalian dihadapkan pada puzzle yang harus kalian pecahkan sebelum kalian dapat melanjutkan petualangan kalian.

Image title

Jujur, kami cukup enggan untuk menulis story mengenai Undertale, berhubung esensi atau fokus utama dari game ini ada pada story nya, namun kami akan berusaha semampu kami untuk menghindari spoiler saat menulis review ini. Story dari Undertale diawali dengan back story dunia Undertale yang dimana para monster dan manusia sempat hidup bersama hingga pada suatu saat terjadi perang antara monster dengan manusia. Pada akhirnya, manusia berhasil menang dan kemudian menyegel para monster ke area bawah tanah. Beberapa dekade setelah kejadian tersebut, seorang anak manusia terjatuh kedalam lubang yang merupakan pintu masuk dari kerajaan para monster. Petualangan kalian untuk keluar dari kerajaan monster pun dimulai. Dalam perjalanan kalian tersebut, kalian akan bertemu dengan berbagai NPC. Tiap NPC yang kalian temui kebanyakan memiliki ceritanya masing-masing, dan believe us or not, Undertale berhasil membuat kami peduli dan bahkan sayang dengan para NPC tersebut. Karena tiap main NPC di Undertale memiliki character depth yang luar biasa, mulai dari kepribadian, speech, dan humor yang dihadirkan menjadikan kami semakin sayang dengan karakter NPC tersebut. Lebih hebatnya lagi, para penduduk kota generic yang biasanya hanya sebagai filler, memiliki cerita mereka sendiri, walaupun memang tidak sedalam cerita dari NPC utama, namun tetap saja kami tidak sampai hati untuk melewati jalan cerita mereka. BangMonyong pun beberapa kali nampak hampir menitikkan air mata ketika memainkan game ini (lebay abis).

Image title

Story yang dalam dipadu dengan BGM dan gameplay yang cukup unik menjadikan Undertale salah satu game terbaik bagi kami. Bahkan menurut kami story dari Undertale sendiri bisa disejajarkan dengan story dari The Witcher 3. Secara keseluruhan kami sangat menyukai Undertale dan menikmati petualangan kami di dunianya yang penuh dengan humor dan drama tersebut. Selain itu kami juga sangat menyarankan bagi kalian yang belum memainkan Undertale untuk mencoba game indie ini dan kami tidak yakin apakah akan ada game yang bisa menggantikan Undertale dari lubuk hati kami.

Tags: Bullet-hell mechanic, Game dengan gameplay mechanic yang Unik, Game dengan grafik 8-bit, Game dengan Jalan cerita yang bagus, Game dengan kesan Retro terbaik, Game Indie Unik, Game RPG, Game RPG Terbaik, Review Game, Review Game Keren, Undertale