Reviews

Game Review: Aragami, The New Tenchu?

By BangMonyong on Oct 13, 2016

Game Review: Aragami, The New Tenchu?

Awalnya kami cukup skeptis dengan Aragami, berhubung sudah terlalu banyak game action dan shooter yang di-branding sebagai Stealth Game namun pada kenyataannya elemen stealth pada game tersebut hanyalah sebuah opsi yang seringkali terkesan "tedious" dan membosankan. Berbeda dari game-game lain yang beredar di pasaran, Aragami menyajikan sebuah hardcore stealth game yang dimana semua langkah yang kalian ambil harus dipikir matang-matang terlebih dahulu, dan disertai dengan observasi terhadap pola movement musuh / guards yang akan kalian hadapi. Aragami akan membawa anda bernostalgia ke zaman game stealth konvensional seperti tenchu di tahun 90-an, yang pastinya it's gonna be amazing.

Pertama-tama, Aragami menyajikan grafis cell-shaded (cartoony/comical 3d graphic style) yang cantik dan environment ala jepang yang kental. Hal ini diperkuat lagi dengan BGM yang memadukan petikan shamisen (gitar tradisional jepang) dengan tiupan merdu shakuhaci (seruling bambu tradisional jepang) untuk memunculkan nuansa ke-jepang-an yang kental dan mantap. Pertama kali kami mendengar BGM tersebut kami langsung terpikat dengan Aragami. It's gorgeous and mesmerizing at the same time! Ditambah lagi animasi dari setiap action yang kalian lakukan nampak sangat halus dan polished. Intinya, kami cukup terpuaskan dengan segala estetik yang dihadirkan oleh Aragami.

Image title

Untuk gameplaynya, Aragami lebih mengedepankan sisi stealth ketimbang sisi action maupun hack and slash-nya. Semua musuh yang kalian temui (kecuali boss) dapat kalian bunuh dengan one hit kill saja. Yap kalian dapat membunuh musuh hanya dengan sekali tebas saja, namun karakter kalian juga akan mati hanya dengan sekali tebasan musuh saja. Oleh sebab itu, kalian harus merencanakan langkah-langkah yang akan kalian ambil nantinya, baik movement maupun action yang akan kalian ambil. Selain one hit kill, musuh yang berhasil mendeteksi kalian bisa saja langsung membunyikan tanda bahaya yang menyiagakan teman-teman nya, yang berarti misi kalian untuk mengendap-endap melewati mereka akan semakin sulit. Namun, walaupun kalian dapat membunuh musuh dengan satu serangan saja, bukan berarti kalian harus membunuh semua musuh yang ada lho, kalian juga bisa menyelesaikan sebuah misi tanpa membunuh satu musuh pun. Kuncinya lebih ke kemampuan observasi kalian terhadap rute patroli musuh serta timing yang tepat untuk manuver melewati mereka.

Image title

Di dalam game ini, environment dan bayangan akan menjadi teman dekat kalian, namun sumber cahaya yang cukup terang akan menjadi musuh besar kalian. Mengapa begitu? Karena bayangan yang pekat akan mengisi kembali shadow energy, menjadi target area untuk kalian melakukan shadow blink, dan dapat menyembunyikan kalian dari pandangan musuh, sedangkan sumber cahaya yang terang akan menghabisi shadow energy kalian serta menjadikan kalian lebih mudah untuk dilihat oleh musuh (d'oh!).

Untuk storyline dari Aragami, menurut kami tidak ada sesuatu apapun yang special alias cerita dari Aragami bisa kami bilang generik dan dapat kalian temui di berbagai game lain, walaupun BangMonyong sendiri cukup terintrik untuk mengikuti story dari game ini. Sekedar memperjelas saja, Aragami yang merupakan karakter utama dari game ini, di-summon oleh Yamiko untuk membebaskan dirinya dari cengkraman bangsa Kaiho. Di dalam perjalanan mereka berdua, satu per satu ingatan dari Aragami mulai terbuka dan menjelaskan back story dari Yamiko, Aragami, dan serangan dari bangsa Kaiho itu sendiri. So... yeah, memang nampak cukup jelas bahwa storyline dan storytelling bukanlah hal yang kuat di game ini.

Image title

Memang benar Aragami tidak menghadirkan sesuatu yang baru, namun kombinasi dari stealth action gameplay ala tenchu, cell shaded graphic macam Borderlands, storyline dengan nuansa balas dendam seperti banyak game lain, dan environment kejepangan yang kental seperti Tenchu mampu memberikan sebuah experience nostalgia yang begitu kental. Aragami berhasil membawakan experience yang kami rasakan ketika kami pertama kali memainkan Tenchu di PlayStation 1, a really good stealth game with solid mechanic all around.

Tags: Aragami, BGM Khas Jepang, Cell shaded Graphic, Game PC, Game PS4, Game Stealth Seperti Tenchu, Kaiho, Lince Works, One Hit Kill, Review Game Aragami, Review Game Bahasa Indonesia, Review Game Terbaru, Stealth Game