Opinion

Tribute to GG Campus

By BangMonyong on Oct 12, 2015

Image title

Berawal dari kecintaan terhadap video game sejak masa kecilnya, Dion Aditya Putra yang akrab disapa “Dodon” yang merupakan founder dan managing director Gamenivora.com, mulai mencari-cari cara untuk dapat berkarya di industri tersebut. “Memiliki peran atau andil dalam industri game sudah menjadi salah satu angan-angan saya dari sekolah dulu.” Kata Dodon ketika menceritakan asal muasal ide mendirikan Gamenivora.com. Nah dimulai dari ide tersebut, Dodon mulai mencari-cari hal apa yang bisa dilakukannya untuk dapat memenuhi keinginannya tersebut.

Hal tersebut mulai memunculkan satu ide di benaknya, keinginan untuk membuat sebuah game. Perjalanan untuk mewujudkan ide tersebut tidaklah mulus, entah itu kegagalan saat menjalankan kuliah di jurusan SI, yang kemudian banting stir kuliah di jurusan design, hal-hal tersebut sudah dijalaninya. Sampai pada akhirnya keinginan tersebut mulai padam dan sempat terlupakan.

Walaupun keinginan untuk membuat sebuah game mulai padam, kecintaan terhadap dunia video game tetaplah kuat dan selalu mewarnai kehidupannya. Dodon pun mendirikan Gamenivora.com pada akhir tahun 2014. Sebagai online media yang berbasiskan komunitas gamer Indonesia, Gamenivora.com memulai kiprahnya di komunitas gamer Indonesia dengan menjalankan event “Nobar TI 5 Bersama Gamenivora.com” di Dunkin Donut Gading Serpong. Melalui pengadaan acara ini lah awal pertemuan Dodon dengan Good Game Campus (GG Campus) yang telah berhasil menghidupkan kembali semangatnya untuk mewujudkan impiannya dulu.

GG Campus sendiri adalah sebuah game maker school yang berlokasikan di Kemang, Jakarta Selatan. Para siswanya akan dibekali kemampuan dasar programming dan game design dengan menggunakan game engine : Unity. Kelebihan utama dari GG Campus ada pada kemudahan untuk mempelajari cara-cara pembuatan sebuah game tanpa perlu menjadi seorang programmer professional terlebih dahulu. Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam siswa yang belajar di sini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat belajar dan berkarya bersama.

Mengikuti semangat baru ini lah Dodon memulai perjalanannya sebagai newbie game developer. Belajar bersama dengan teman-teman barunya, mewujudkan impiannya yang dulu sempat ditinggalkan.Image title

Tags: Design, Developer, Game Creator, Game Making School, GG Campus, History, Indie, Indonesia, Jakarta, Kemang, School, Unity Engine