Opinion

Opinion: Shanghai Major Drama – Who is the BAD GUY? James? Gaben?

By ArgaTOD on Feb 29, 2016

Pada beberapa hari lalu, lagi-lagi drama Dota 2 kembali terjadi dan di drama ini yang menurut kami sangat kontroversial karena Gabe “Gaben” Logan Newell turun tangan! Bagi kamu yang belum tau kenapa drama ini bisa sampai terjadi, semua itu bermula oleh James “2GD” Harding di pecat secara tiba-tiba setelah hari pertama di tengah berjalannya Major shanghai. Kenapa James bisa sampai di pecat?

Kalau kalian melihat video diatas, james disini sangat beperan penting pada saat studio tersebut live untuk memecahkan akward silence ketika kehabisan topik pembahasan..  Dan menurut kami itulah yang harus dimiliki oleh seorang host dan analisis, menghibur para penonton yang galau karena banyaknya masalah teknikal yang terjadi pada Shanghai Major ini, seperti: Audio problem, Frezing stream, microphone problem dan lain lain.

Akan tetapi, pembawaan James yang terkesan agak kasar (bad language, dark humor, dll) menjadi alasan mengapa James dipecat oleh Gaben. Mungkin Gaben tidak suka dengan cara James membawakan acara tersebut, karena Gaben ingin acara e-sport seperti Dota 2 memiliki euforia dan pembawaan seperti layaknya pertandingan olahraga lain yang lebih serius.

Image title


Menurut kami, scene Dota 2 atau e-sport lainnya tidak bisa mengunakan cara tersebut, karena target audience-nya adalah gamer yang biasanya tidak suka dengan hal yang terlalu serius dan pasti akan aneh untuk para gamers yang menontonnya.

Statement kenapa James di pecat langsung diberikan oleh Gaben pada account redditnya:

 “Two Things:

  • James. We’ve had issues with James at previous events. Some Valve people lobbied to bring him back for Shanghai, feeling that he deserve another chance. That was a mistake. James is an ass, and we won’t be working with him again.
  • As long as we’re firing people, we are also firing the production company that we’ve been working with on the Shanghai Major. They will be replaced, and we hope to get this turned around before the main event.

As always, i can be reached at gaben@valvesoftware.com.”

Lalu tidak lama kemudian james menjawab melalui account redditnya.

“This is why my statement is taking sometime. It seems more personal than professional. So I will respond. Just for the record Gabe, I don’t think you are an ass. But I don’t think you are right about me (well maybe you are a bit of an ass for calling me an ass, but let’s find out what other think shall we?). BRB”

Setelah James memberikan statement tersebut, tidak lama kemudian ia mengupdate statementnya melalui Google Doc. Lebih dari 7,000 kata dalam tulisan tersebut yang berisikan curahan hatinya terhadap Valve dan yang paling seru adalah IceFrog sampai memberikan selamat atas kembalinya ia ke scene Dota 2. Silahkan cek disini.

Setelah membaca artikel yang ditulis oleh James, menurut kami terdapat perbedaan pendapat mengenai bagaimana cara membawakan acara Major Shanghai oleh Gaben dan James.

Kami menarik kesimpulan sebagai berikut :

  • Sebenarnya drama ini adalah masalah internal, yang di mana seharusnya diselesaikan oleh Gaben dan James secara internal juga.
  • Kami tidak setuju dengan pemecatan James di tengah berjalannya event Major Shanghai yang selain menjadikan drama kontroversial seperti ini, cara Gaben untuk memecat James seperti itu pun kami nilai kurang etis.
  • Kami cukup setuju dengan cara pembawaan James ketika menjadi host, karena caranya tersebut kami nilai berhasil untuk menarik perhatian para penonton E-sport dan membedakan E-sport dengan olahraga lain.

Lalu menurut kami siapakah orang yang paling banyak salah disini? Perfect world dan Valve lah disini yang menurut kami pantas untuk disalahkan.

Bagaimana menurut kamu? Semoga Drama seperti ini tidak kembali terulang untuk event major selanjutnya. Good luck James untuk projek kedepannya dan good luck valve untuk Major dan next event turnamen selanjutnya.


 


Tags: 2GD, Berita James “2GD” Harding, Gabe “Gaben” Logan Newell, James “2GD” Harding, Major shanghai, Major shanghai problem, Steam Problem