Opinion

DOTA 2 Patch 6.87 - Indepth Analysis

By Fadil on Apr 27, 2016

Image title


Hore! Patch baru telah tiba! Sudah siap coba-coba?

Jujur saja sebelum membaca Change lognya-pun kami sudah senang, karena menurut kami IceFrog sudah menuju ke jalan yang benar. Dari beberapa Patch sebelumnya kami merasakan adanya usaha IceFrog dalam memperbanyak Hero Pool yang bisa dimainkan secara kompetitif dan menyeimbangkan sejumlah Hero agar tidak terlalu kuat maupun lemah. Sekarang mari kita lihat, beberapa perubahan yang cukup menarik dan memberikan warna baru pada Meta yang sudah ada, di Patch 6.87 ini.


General

All Pick Ranked Match

Sebelum kita membahas mengenai Gameplay, ada kabar buruk bagi para MMR Warrior yang melakukan spam Hero demi memenangkan match, karena dalam mode Ranked All Pick kali ini, sebelum fase Pick akan ada fase Ban terlebih dahulu, sehingga ada beberapa Hero yang tidak bisa kita Pick pada fase Pick nantinya.

Scan

Penambahan SkillScan” untuk tim juga akan cukup merubah pola permainan karena Skill ini bisa diaktifkan sebelum Rune awal muncul dan mampu mendeteksi keberadaan Hero musuh meskipun mereka sedang menggunakan Smoke of Deceit. Dengan Cooldown yang lebih singkat dibandingkan Restock dari Smoke of Deceit, Skill ini akan memiliki banyak fungsi untuk mendeteksi pergerakan dari kedua tim. Meskipun tidak memberikan informasi secara spesifik berapa jumlah Hero yang berada dalam radius “Scan”, tapi informasi ada tidaknya musuh di sana saja sudah cukup membantu untuk mendeteksi rotasi atau gank yang akan dilakukan lawan.


Hero Stats

Penyesuain HP dan MP pada Patch kali ini memang terlihat tidak terlalu mempengaruhi permainan, namun terlihat jelas bahwa IceFrog ingin membuat semua Hero memiliki Survivability yang lebih tinggi dengan adanya tambahan HP per Str dan Starting HP yang lebih banyak. Tidak hanya itu, peran status Int juga ditambahkan dengan adanya Skill Damage amplification sebesar 1% dari setiap 16 Int yang dimiliki masing masing Hero.

Tower Armor Aura

Lagi-lagi IceFrog mengurangi potensi dan kemampuan dari strategi Push secara keseluruhan. Tower memiliki Armor Aura yang memberikan Unit di sekitarnya baik Hero maupun Creep tambahan armor. Pengurangan Damage dari beberapa Neutral Creep juga merugikan beberapa Hero seperti Enchantress maupun Chen dalam melakukan Push. Dan yang terakhir, adalah disamakannya Damage Tower T2 dan T3 terhadap unit.

Roshan

Roshan kali ini ikut diubah dengan diturunkannya Magic Resistance yang ia miliki, namun Max HP dan peningkatan Max HP per menit yang dimiliki Roshan ditingkatkan. Oleh karena itu, membunuh Roshan baik dari awal Game sampai akhir Game pun akan semakin sulit. Selain itu dengan adanya penyesuaian Bounty Exp dari Roshan yang cukup drastis, sepertinya IceFrog ingin mengurangi jumlah Tim yang ingin membunuh Roshan di awal Game.

Item Update

Patch kali ini tidak kalah hebohnya dengan para pendahulunya perihal Item Update. Ada 6 Item baru yang sangat menarik, mulai dari yang harganya mahal hingga yang murah. Mari kita bahas satu-persatu mulai dari yang mahal telebih dahulu.

Bloodthorn


Bloodthorn merupakan Item baru yang langsung menduduki peringkat pertama dalam daftar Item termahal di DotA 2, Item yang merupakan gabungan dari Orchid, Crystalys dan resep ini merupakan Item yang memiliki efek yang sangat mengerikan, karena selain memberikan Debuff yang sama dengan Orchid, Item ini juga memberikan efek True Strike dan Critical Chance kepada siapapun yang menyerang target tersebut. Hal ini sangat menguntungkan bagi Hero yang memiliki Attack Speed yang tinggi dan kemampuan Pickoff yang tinggi, seperti Clinkz, Windranger dan Invoker.


Hurricane Pike


Pernah merasa kesal ketika menggunakan Sniper dan di Counter Pick oleh Hero-Hero seperti Phantom Assassin atau Spectre? Hurricane Pikelah jawabannya! Item yang merupakan kombinasi dari Force staff, Dragon Lance, plus resep ini merupakan Item yang sangat membantu Hero-Hero GlassCannon dalam bertahan hidup dan mempertahankan posisi strategisnya saat menyerang. Tidak hanya itu Item ini juga mampu digunakan sebagai Damage Amplifier untuk Enchantress. Mungkin Hero-Hero seperti Sniper, Enchantress, dan Outworld Devourer sedang menarik nafas lega dengan adanya Item ini.


Echo Sabre


Echo Sabre merupakan Item yang tidak kalah mengerikan dengan Bloodthorn, Item yang terlihat seperti Item tandingan dari Dragon Lance untuk Hero Melee ini memang terlihat tidak terlalu mengerikan mengingat item ini tidak memberikan Skill aktif apapun dan tambahan stat yang tidak terlalu besar. Tetapi, bayangkan bila Hero yang membawa Item tersebut merupakan Hero yang memiliki Damage besar atau Skill pasif yang mendukung seperti Lifestealer, Slardar, Faceless Void, Ursa, atau bahkan semua Hero Melee yang membawa Basher atau Abyssal Blade. Kombinasi Echo Sabre dan Hero-Hero tersebut pada Mid Game akan sangat mengancam keberlangsungan Hero Support maupun Hero-Hero “tipis”. Selain itu Item ini juga lebih memastikan bahwa Initial Hit dari serangan yang diberikan akan men-trigger beberapa Skill pasif seperti Bash, Timelock dan Greater Bash, karena dalam waktu yang hampir bersamaan mereka akan memberikan dua serangan sekaligus. Bayangkan Lifestealer dengan Echo Sabre dan Basher atau Abyssal Blade datang menyerang anda dan anda terkena Bash, kita yakin setidaknya 50% HP anda akan melayang.


Blight Stone


Blight Stone merupakan Item yang murah meriah dengan efek yang menyerupai Desolator. Pengurangan Armor yang dimiliki blight stone memang tidak sebesar Desolator, namun dengan harga yang terbilang cukup murah Item ini mampu meningkatkan kemampuan Farm dari banyak Hero di Early Game. Selain itu, Item ini cukup mengancam keberlangsungan hidup dari beberapa Hero yang memiliki Armor rendah pada awal Game seperti Tiny dan Skywrath. Mungkinkah IceFrog ingin melihat semakin banyaknya permainan agresif di awal Game dan mempopulerkan kembali Jungler?


Wind Lace


Tidak hanya Blight Stone Item baru murah meriah yang mampu meningkatkan agresi-agresi yang dilakukan dari awal Game. Wind Lace, Item seharga 225 Gold ini memiliki efek untuk meningkatkan Movement Speed sebesar 20. Mungkin tidak terlihat besar bagi para pengguna Hero carry, tapi bagi para pengguna Hero Support, Item ini merupakan jawaban. Terutama halnya bagi Hero yang memiliki Movement Speed yang lambat seperti Crystal Maiden, Shadow Shaman, Lion dan banyak Hero Support lainnya yang terkadang kewalahan untuk melakukan rotasi di awal Game demi melindungi temannya atau melakukan Gank terhadap Hero musuh.


Infused Raindrop


Meskipun IceFrog seakan ingin memanjakan para pemain agresif dan Hero Ganker dari awal Game, Infused Raindrop merupakan Item yang bisa meningkatkan Survivability dari target-target Gank dan Hero dengan Magic Damage yang tinggi. Item yang harganya sama dengan Wind Lace ini mampu menahan 120 Magic Damage setiap 4 detik. Meskipun hanya memiliki lima Charge, jumlah tersebut cukup untuk menahan Early Gank dari musuh. Selain itu, Item ini juga memberikan Mana Regen. Kemungkinan Item ini kan menjadi Item yang populer di kalangan Midlaner maupun Offlaner.


Tome of Knowledge


Bagi kalian para pengguna Hero Support pasti kalian pernah merasa sulit sekali untuk Level Up atau tertinggal jauh Levelnya dari Carry kalian. Dengan adanya Tome of Knowledge ini, perasaan itu akan hilang atau setidaknya berkurang karena Item yang satu ini merupakan Consumable Item yang memberikan kalian Exp sebesar 425. Meskipun Item ini baru tersedia di Shop pada menit 10 dan memberikan Exp yang tidak seberapa besar, namun dalam beberapa keadaan, Item ini akan sangat membantu, terlebih jika digunakan untuk mendapatkan Ulti yang biasanya sangat berperan dalam Teamfight.

Basic Item

Update pada Item tidak hanya penambahan Item baru tapi juga beberapa perubahan baik kecil maupun besar yang terjadi pada Item-Item yang sudah ada. Artikel ini tidak akan menjelaskan satu-persatu perubahan apa saja yang terjadi, tapi mari kita bahas beberapa perubahan Item yang memang memiliki dampak yang signifikan pada Gameplay, baik untuk beberapa Hero maupun secara keseluruhan.

Abyssal Blade

Abyssal blade merupakan Item yang mendapatkan perubahan secara drastis, mulai dari komponen pembentuknya yang berubah menjadi basher, Vanguard, dan resep. Perubahan status yang diberikan pun cukup banyak berubah yaitu pengurangan Damage sebesar 60, penambahan max HP sebesar 250, 15 regen HP dan Damage block. Tidak hanya itu, mana cost dan Cooldown dari Skill aktifnya yaitu Overwhelm juga diturunkan. Sepertinya IceFrog ingin merubahnya menjadi Item yang lebih defensif. Prioritas dari item ini akan meningkat bagi beberapa Hero seperti Anti-Mage, Wraith king, Ursa, dan beberapa Hero lainnya mengingat Vanguard sebagai salah satu komponennya adalah Item yang meningkatkan Survivability di Mid-Game.

Armlet of Mordiggian

Tambahan armor yang diberikan oleh Armlet juga merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh karena total bonus armor dari armlet ketika aktif adalah 10. Hal ini membuat Hero pengguna armlet bisa bermain lebih agresif sekaligus meningkatkan Survivability dari penggunanya karena meningkatnya jumlah HP yang didapatkan per Str, sehingga mempersulit lawan untuk memberikan Damage fisik yang besar.

Blademail

Perubahan efek yang diberikan Blademail pada Update kali ini juga tidak bisa dibilang sedikit, karena Damage yang dikembalikan kepada musuh ketika aktif merupakan Damage yang belum dihitung ke dalam Damage reduction apapun. Sepertinya Axe akan lebih popular digunakan dibandingkan Patch sebelumnya.

Maim Chance (Sange, Sange and Yasha, Heaven’s Halberd)

Maim Chance baik dari Sange maupun Sange and Yasha juga ditingkatkan bahkan hampir mencapai dua kali lipat dari Chance pada Patch sebelumnya. Meskipun Slow yang diberikan juga dikurangi, namun perubahan ini bisa dibilang merupakan bentuk Slow yang lebih pasti dibandingkan Patch sebelumnya. Selain itu, apabila dikombinasi dengan Echo Sabre, dapat memberikan Maim Chance kepada musuh di atas 50%.

Beberapa perubahan juga terjadi pada Basic Item. Salah satunya Ward yang durasi pemakaiannya dipersingkat begitu juga dengan restock timenya yang dipercepat. Flying Courier harganya dipermurah. TP Scroll juga semakin murah harganya. Jadi tidak ada alasan lagi nih untuk tidak pegang TP Scroll XD.

Hero

Seperti pada kebanyakan Patch sebelumnya IceFrog melakukan beberapa Nerf kepada Hero-Hero yang popular pada Patch sebelumnya, seperti Death Prophet, Outworld Devourer, Enchantress, Invoker, dan beberapa Hero lainnya. Namun ada beberapa Hero yang perubahannya cukup dipertanyakan, dan beberapa yang memang menarik. Sama seperti opini pada bagian Item Update, kita tidak akan membahas semua perubahan pada Hero melainkan hanya membahas beberapa Hero yang memiliki perubahan signifikan.


Bloodseeker

Bloodseeker merupakan satu dari beberapa Hero yang diberikan efek Aghanim pada Patch ini dengan memberikan charge pada rupture. Apakah ini pantas dibeli? Mengingat harga Aghanim yang cukup mahal dan Slot Item yang berkurang akibat membawa Aghanim, namun kami cukup tertarik untuk membeli Aghanim ketika bermain sebagai Bloodseeker demi melihat seberapa paniknya musuh ketika 2 Hero sekaligus terkena Rupture.


Brewmaster

Kalian masih ingat dengan brewmaster? Hero ini sudah tidak populer selama beberapa Patch, namun kali ini bukan memberikan Buff kepada Brew, IceFrog malah memberikan Nerf yang cukup sadis dengan menurunkan Damage dari ketiga brewling yang muncul saat brewmaster mengeluarkan Ultinya. Perlu dipertanyakan nih mengapa IceFrog memberikan Nerf kepada Hero yang masa kejayaannya sudah hilang entah ke mana ini.


Earthshaker

Earthshaker juga tidak mau kalah dengan Bloodseeker, kali ini Earthshaker mendapatkan efek rework dari Aghanim. Bonus yang tadinya ditambahkan pada Skill Echo Slam kali ini ditambahkan pada Skill Enchant Totem, bukan penambahan Damage namun ke perubahan mekanisme yang signifikan dari Skill ini. Dengan Aghanim, kalian bisa melompat dan melakukan enchant totem di udara dan berpindah tempat sejauh 900 (seperti melakukan slamdunk atau smackdown). Hal ini akan menghadirkan sebuah dilemma bagi para pemain Earthshaker, mereka akan bimbang “beli Blink Dagger gak ya?”, mengingat Enchant Totem ini sendiri bisa digunakan untuk melakukan sebuah inisiasi dengan Cooldown yang jauh lebih rendah dibandingkan Blink Dagger.


Gyrocopter

Rework efek Aghanim tidak hanya dirasakan oleh Earthshaker, Gyrocopter juga mengalami rework yang jauh berbeda bentuknya dari efek Aghanim sebelumnya. Pada Patch ini, Gyrocopter tidak lagi memiliki global ulti melainkan serangan tambahan setiap 1,4 detik yang menarget unit musuh secara acak. Sekali lagi sebuah efek yang tidak seberapa penting diberikan oleh IceFrog, dan bisa dibilang tidak seberapa karena Aghanim merupakan Item yang tergolong mahal, jadi tambahan 1 serangan yang sifatnya random setiap 1,4 detik merupakan bentuk yang serupa (walaupun tak sama) dengan meningkatkan attack speed sebesar +- 150. Gyrocopter sendiri merupakan Hero yang lebih membutuhkan Damage dibandingkan attack speed karena limitasi jumlah attack yang bisa diberikan pada Flak Cannon. Memang benar dengan membawa Aghanim status gyro pun ikut naik, tapi jika kalian sudah mencapai Late-Game dan slot item hanya tersedia 6, gyro akan lebih membutuhkan butterfly, BKB, Satanic, Travel, Divine Rapier, MKB, Sange and Yasha, Eye of Skadi, ataupun Item lainnya (tergantung situasi dan kondisi). Mungkin ada beberapa situasi yang membuat Aghanim lebih baik dibandingkan Item yang barusan kami sebutkan, yaitu seperti saat tim musuh memiliki banyak Disabler yang mengganggu, karena Skill pasif yang diberikan oleh Aghanim akan tetap berfungsi kecuali Gyrocopter terkena Debuff Break dari Silver Edge ataupun Doom. Kondisi lain adalah ketika Lineup tim memungkinkan Gyrocopter untuk mendapatkan Attack Speed maksimal sebelum Item Slotnya penuh dan Lineup dari tim musuh yang tidak memiliki Unit-Unit tambahan seperti ilusi, atau Summoned Unit.


Mirana

6.87 sepertinya merupakan lanjutan era Aghanim dari Patch-Patch sebelumnya, Mirana mendapatkan bonus efek Aghanim yang cukup berbahaya. Bayangkan Hero yang lebih banyak digunakan sebagai support ini memiliki Damage konstan yang besar per delapan detik, memang itu setiap delapan detik sekali, tapi Buff dari Aghanim ini sendiri mampu menghadirkan opsi Build Lain kepada pengguna Mirana dengan Role Support.


Oracle

Oracle juga mendapatkan bonus efek Aghanim. Pengurangan Cooldown dan Cast Point yang tidak terlihat menarik ini malah menjadi daya tarik tersendiri, bayangkan sebelum Hero tim kita melakukan Initiate diberikan Purifying Flame, Survivability Hero tersebut akan meningkat jauh karena regen HP yang jelas sangat meningkat. Selain itu Purifying Flame juga bisa dijadikan sebagai burst Damage yang sangat ampuh, Hero lawan akan terkena 360 magic Damage setiap detik, dimana 3 detik saja sudah bisa menandingi damage Laguna Blade dari Lina.


Shadow Fiend

Shadow Fiend is back boys! Well, Playstyle-nya sih akan berbeda dari yang dulu, kali ini Shadow Fiend sepertinya akan dijadikan sebagai Hero berbasis Magic Damage. Memang terlihat menarik penambahan kapasitas soul dari Shadow Fiend ketika digunakan bersamaan dengan Aghanim, tapi yang lebih mengerikannya lagi Ulti-nya akan jauh lebih perih dibandingkan dengan sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan bahwa apa yang ingin didapatkan oleh pengguna Shadow Fiend sendiri adalah meningkatnya kapasitas Soul yang bisa ia miliki untuk meningkatkan damage, tapi sepantas itukah Aghanim untuk dibeli jika hanya untuk mendapatkan tambahan Damage sebesar 20?


Skywrath Mage

Rework Aghanim juga dirasakan oleh Skywrath mage, kali ini durasi Mystic Flare yang tadinya hanya 2,4 detik menjadi 12 detik, dan Cooldown yang tadinya nol menjadi lima detik. Memangnya ada ya target yang bisa diam di tempat selama 12 detik? Ternyata ada beberapa situasi dimana efek Aghanim Skywrath akan optimal contohnya saat ingin membunuh Roshan, dan tentunya kombo dengan beberapa Hero yang memang dari awalnya sudah cocok. Namun back to basic tampaknya memiliki Aghanim sebagai core item saat bermain Skywrath bukanlah sebuah prioritas.


Storm Spirit

Storm Spirit is back too boys! Sama seperti Shadow Fiend dengan role dan Playstyle yang berbeda tentunya. Efek yang diberikan Aghanim pada storm spirit sedikit mengingatkan saya dengan Black Hole dari enigma, bahkan lebih baik meskipun tidak tembus BKB tapi setidaknya Skill ini tidak perlu channeling. Storm tidak perlu Blink Dagger, dan Cooldown Vortex yang jauh lebih rendah dibandingkan Black Hole. Kita lihat saja bagaimana para professional mempraktekannya dalam dunia kompetitif.


Viper

Update yang simple yet complicated kali ini dialami oleh viper, dengan perubahannya yang sederhana sekali. Skill racunnya bukan lagi orb effect. Sekali lagi, SKILL RACUNNYA BUKAN LAGI ORB EFFECT! Kebayang kan jika kalian dipatok viper yang membawa Eye of Skadi? Kalian akan bertanya-tanya “ini Ulti apa nyerang biasa ya?”. Orb effect lainnya juga tidak kalah seru jika digabungkan dengan viper, Desolator dengan Nethertoxin juga memiliki sinergi yang tidak kalah mengerikan dibandingkan dengan Poison attack dengan Eye of Skadi.


Winter Wyvern

Penambahan efek Aghanim terakhir pada Patch ini diberikan kepada Winter Wyvern. Pada Game public beberapa saat lagi kita akan banyak menyaksikan winter wyvern sebagai carry. Hero dengan kemampuan Slow dan DPS sebagai Flying unit dengan serangan berjarak 1000? Yakinlah akan ada beberapa orang yang ingin mencoba Winter Wyvern sebagai carry!


Sebenarnya masih ada satu bagian Update yang belum dibahas, karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajarinya yaitu Terrain. Nantikan saja Update secara khusus mengenai Terrain. Bagaimana Bro masih penasaran dengan Patch 6.87? Kita juga masih penasaran sih. Atau mungkin ada beberapa hal yang masih terlewatkan?  Silahkan komen agar bisa menjadi masukan untuk mengembangkan artikel ini agar lebih informatif ^^.

Tags: Ancient, Bahasa Indonesia, Dota 2, Game Keren, IceFrog, In-Depth Analysis, Meta, Opinion, Patch 6.87, Steam, Update