News

Nintendo Switch Sudah Bisa di Jailbreak?

By Salimpongsss on Mar 16, 2017

Nintendo Switch mengawali debut pertamanya dengan luar biasa pada tanggal 3 Maret 2017. Hal ini bisa dilihat dari naik nya saham Nintendo secara drastis setelah Nintendo Switch dirilis. Nintendo Switch juga menerima respon yang cukup positif dari berbagai pihak, termasuk dari para reviewer game profesional. Nintendo Switch dinilai cukup inovatif dalam meluncurkan sesuatu yang bisa dikatakan “fresh”.

Namun, belum genap dua pekan sejak handheld ini meluncur, seorang modder yang bernama Luca Todesco secara mengejutkan sudah berhasil men-jailbreak handheld buatan perusahaan yang berbasis di Tokyo, Jepang tersebut. Mengingat umur Nintendo Switch yang belum genap satu bulan, dirasa terlalu cepat untuk menerima kenyataan bahwa handheld Switch sudah bisa di Jailbreak.

Image title

Hingga saat ini, Luca masih enggan untuk membagikan cara dan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan di handheld Nintendo Switch yang sudah berhasil ia jailbreak. Fakta handheld ini dapat di-jailbreak akan sangat menarik. Dengan demikian kita bisa melihat sejauh mana hacker, pengembang dan modder akan melakukan modifikasi terhadap software Nintendo Switch sesuai dengan keinginan mereka. Dengan potensi yang tidak terbatas tersebut, bukan tidak mungkin suatu hari nanti akan ada modder atau hacker yang meluncurkan rangkaian judul game bajakan di handheld Nintendo Switch tersebut.

Sayang, hingga saat ini pihak Nintendo masih tutup mulut terkait handheld Nintendo Switch yang sudah bisa di-jailbreak tersebut. Sekedar informasi, Nintendo Switch saat ini sudah tersedia di Indonesia dengan harga kisaran Rp. 6,4 juta. Jika memang benar handheld Nintendo Switch sudah bisa di Jailbreak, tentu popularitasnya bisa meningkat, mengingat banyaknya gamer di dunia khususnya benua Asia yang sangat tertarik dengan produk game bajakan karena dinilai harganya yang relatif jauh lebih murah.

Terkait produk game bajakan, melansir informasi dari Forbes, fakta bahwa gamer di dunia yang paling banyak menggunakan game bajakan berasal dari negara Filipina, Indonesia dan Tiongkok. Sebut saja game-game bajakan untuk console PS3 dan Xbox 360 yang banyak dijual bebas di toko-toko game di negara-negara tersebut. Apakah nasib Switch juga akan berakhir seperti PS3 dan Xbox 360? Kita lihat saja perkembangannya.

Tags: Bajakan, Jailbreak, Luca Todesco, Nintendo Switch, Nintendo Switch Jailbreak, Pembajakan, PS3, Xbox 360