Hot

Selamat Tinggal Steam Greenlight… Halo Steam Direct!

By BangMonyong on Feb 13, 2017

Selamat Tinggal Steam Greenlight… Halo Steam Direct!

Steam Greenlight, fitur dari Steam yang memungkinkan developer indie untuk meluncurkan game mereka melalui Steam, akan dimusiumkan oleh Valve dan digantikan oleh Steam Direct.

Image title

Melalui news post di Steam, Valve menyatakan bahwa mereka akan meluncurkan service pengganti Steam Greenlight ini pada musim semi tahun 2017 (Bulan Maret – Bulan Mei), namun mereka tetap akan membuka servis Steam Greenlight hingga 2 minggu sebelum Steam Direct rilis.

“After the launch of Steam Greenlight, we realized that it was a useful stepping stone for moving to a more direct distribution system, but it still left us short of that goal. Along the way, it helped us lower the barrier to publishing for many developers while delivering many great new games to Steam. We want to make sure Steam is a welcoming environment for all developers who are serious about treating costumers fairly and making quality gaming experiences. The updates we’ve made over the past few years have been paving the way for improvements to how new titles get on to Steam, and Steam Direct represents just one more step in our ongoing process of making Steam better. We intend to keep iterating on Steam’s shopping experience, the content pipeline and everything in between.”

Para developer yang proyek nya belum mendapatkan Greenlight akan diundang oleh Steam untuk menggunakan servis terbaru mereka tersebut dengan membayar app fee apabila mereka masih tertarik untuk membawa game mereka ke Steam. Valve sendiri belum mengumumkan berapa publishing fee yang harus dibayar oleh para developer indie untuk dapat menaruh proyek mereka di Steam, namun Valve menyatakan bahwa biaya tersebut kira-kira 100 US $ - 5.000 US $. Valve juga menyatakan bahwa pihaknya masih mengumpulkan feedback dari para developer sebelum dapat memutuskan berapa biaya yang akan dipatok oleh Valve untuk Steam Direct.

“Apa sih yang membedakan Steam Direct dengan Steam Greenlight?”

Sebenarnya secara garis besar, Steam Direct memiliki sistem yang mirip dengan Steam Greenlight dimana para developer indie dapat menjual game mereka melalui Steam, namun dengan Steam Direct, para komunitas / user dari Steam tidak terlibat sama sekali dalam proses pemilihan game yang akan dijual melalui Steam.

Menurut kami, Steam Direct sendiri bisa menjadi sebuah solusi yang jauh lebih baik ketimbang Steam Greenlight. Mengapa? Karena saat ini Steam Greenlight dipenuhi dengan game early access yang tidak kunjung rilis, shovelware dengan microtransaction, dan game-game indie yang tidak berkualitas. Walaupun memang Steam Greenlight sendiri pernah mencetak beberapa game indie dengan kualitas luar biasa seperti Darkest Dungeon, Superhot, Youtubers Life, Project Zomboid, dan masih banyak lagi, namun sistem Greenlight saat ini menurut kami cukup mudah untuk dieksploit oleh para developer-developer bandel. Maksud kami dengan eksploit adalah, terdapat beberapa steam group yang dapat membantu para developer untuk mendapatkan status Greenlit untuk game mereka dengan membayar steam group tersebut.

Image title

Namun tentunya kesuksesan dari Steam Direct sendiri akan ditentukan oleh biaya yang dipatok oleh Valve. Apabila biaya yang dipatok oleh Valve untuk Steam Direct sendiri terlalu rendah, contoh : 100 US $, para developer indie dapat dengan mudah membayar biaya tersebut dan memasukkan game mereka tanpa perlu memusingkan biaya tersebut. Hasil dari skenario tersebut tentunya menjadikan kondisi Steam Direct tidak berbeda dengan kondisi Steam Greenlight saat ini. Sedangkan apabila Valve mematok biaya yang terlalu tinggi, maka para developer indie kecil akan kesulitan untuk membayar biaya tersebut dan mungkin saja mereka beralih ke situs-situs crowdfunding untuk mendapatkan dana agar dapat membayar biaya Steam Direct.

Bagaimanapun hasilnya, kami hanya dapat berharap yang terbaik bagi Steam dan Valve, berhubung hingga saat ini mereka merupakan salah satu platform distribusi game online terbaik yang dapat digunakan oleh para PC gamer. Bagaimana menurut kalian? Apakah Steam Direct dapat menjadikan Steam sebagai wadah distribusi yang lebih baik bagi para developer indie?

Tags: Berita Steam Direct, Berita Steam Greenlight, Berita Valve Terbaru, Developer Indie, Game Indie, PC Gamer, Steam Direct, Steam Greenlight, Valve