Hot

Nintendo Switch Launch dan Problem Yang Menghantui Switch

By BangMonyong on Mar 07, 2017

Nintendo Switch Launch dan Problem Yang Menghantui Switch

Game console terbaru dari Nintendo, Nintendo Switch, baru saja launch pada 3 maret 2017 lalu. Selain launch sale yang cukup baik, dimana banyak retailer yang melaporkan bahwa mereka telah kehabisan stok untuk Nintendo Switch, nampaknya terdapat juga berbagai masalah yang dilaporkan oleh para Nintendo Switch user. Kami tidak menyatakan bahwa SEMUA Nintendo Switch bermasalah loh, namun memang pada kenyataannya terdapat berbagai laporan perihal masalah yang mereka temui dengan Nintendo Switch. Berikut list masalah yang berhasil kami temukan di Internet.

By the way bagi kalian yang agak males buat baca wall of text di bawah, kalian dapat menonton video youtube dari CrowbCatyang mengumpulkan berbagai macam video tentang permasalahan dari Nintendo Switch di sini :

Blue Screen, Orange Screen dan flickering

Masalah Blue Screen yang biasanya menghampiri pengguna PC, kali ini hadir menghantui seorang pemilik Nintendo Switch. Masalah ini dilaporkan oleh seorang Reddit user yang menyatakan bahwa Nintendo Switch miliknya tiba-tiba mengalami blue screen dan tidak bisa dimainkan lagi. Untungnya, Reddit user tersebut bisa menukar Nintendo Switch miliknya ke retailer tempat ia membeli konsol tersebut.

Orange Screen, beberapa Nintendo Switch user melaporkan bahwa konsol mereka sering hang dan layarnya tiba-tiba berubah menjadi Orange seluruhnya. Untungnya masalah ini dapat ditanggulangi dengan melakukan hard reset (menekan tombol power dari Nintendo Switch selama beberapa saat).

Screen flickering, beberapa user melaporkan masalah ini ketika mereka memainkan The Legend of Zelda : Breath of the Wild.

Screen Scratches, Dead Pixels dan Skin Case Damage

Screen scratches biasanya menjadi momok tersendiri bagi semua smart device yang memiliki touch screen, masalah ini tentunya juga menghantui Nintendo Switch yang memiliki fitur touch screen. Gak seru banget gak sih kalau device terbaru kalian yang belum berumur 1 minggu sudah tergores di sana sini? Parahnya lagi, kebanyakan dari user yang melaporkan screen scratches tersebut menyatakan bahwa goresan yang terdapat pada layar Nintendo Switch diakibatkan oleh Nintendo Switch dock sendiri dan bukan karena kelalaian penggunanya. Well, kami sih tidak bisa yakin 100% bahwa masalah ini hadir karena kesalahan dari Nintendo ketimbang kelalaian user, namun tetap saja hal ini mengkhawatirkan… Intinya, kalau kalian punya Nintendo Switch, LANGSUNG BELI Screen protector nya kalau kalian tidak mau layar Nintendo Switch kalian baret-baret.

Bagi kalian para pemilik Nintendo Switch yang mengalami masalah Dead Pixels di konsol kalian, well… tough luck. Melalui halaman website resmi dari Nintendo UK, Nintendo menyatakan bahwa dead pixel yang ada di Nintendo Switch itu merupakan salah satu karakteristik dari layar LCD dan termasuk “NORMAL”. Wow… Jujur kami sampai kehabisan kata-kata ketika membaca halaman tersebut…

Perihal Skin Case damage pernah kami singgung melalui artikel kami beberapa waktu yang lalu… Beberapa skin manufacturer sempat melaporkan  perihal produk mereka yang tidak compatible dengan Nintendo Switch, dan bahkan beberapa diantaranya sampai membatalkan pre-order dan merefund pre-order dari para buyers.

Problem lain dari Nintendo Switch

Selain problem-problem yang kami sebutkan diatas, masih cukup banyak problem lain yang menghampiri konsol terbaru Nintendo ini, seperti Joycon strap yang sangat sulit untuk dilepaskan apabila kalian sampai salah memasukkan strap tersebut, left Joycon connectivity dan desync problem, poor WiFi connectivity, defective game cartridge, loud screeching noise beserta hang, suara kipas pendingin yang cukup berisik, dan masih banyak lagi.

Untungnya salah satu rekan kami yang memiliki Nintendo Switch tidak menemui masalah-masalah yang kami sebutkan diatas, namun tentunya ia juga cukup was-was dengan Nintendo Switch miliknya. Bagaimana dengan kalian? Apakah ada pemilik Nintendo Switch yang mengalami masalah yang kami sebutkan diatas? Atau mungkin ada masalah lain yang belum kami sebutkan? Share masalah kalian pada kami ya.

Tags: Blue Screen, Desnyc Joycon problem, Layar Nintendo Switch Mudah Tergores, Nintendo, Nintendo Switch, Nintendo Switch Brick, Nintendo Switch Dead Pixels, Orange Screen, Switch Joycon Connectivity Problem